Skip to content
Home » Blog » Seri Belajar – Web Development

Seri Belajar – Web Development

Membangun sebuah web pada zaman seperti ini sangatlah mungkin bisa dilakukan oleh siapapun, bahkan dengan modal pengetahuan tentang bahasa pemrograman yang minim sekalipun. Segala bentuk informasi dengan sangat mudah manusia temukan hanya dengan melakukan browsing tipis-tipis di search engine kesayangan kita(tentunya semua tahu itu Mbah Google).

Image by upklyak on Freepik

Banyak platform-platform yang menawarkan pembuatan web dengan tanpa melakukan coding sekalipun, kita menyebutnya dengan CMS(Content Management System). Seperti kita banyak temui, salah satu CMS yang terkenal yaitu WordPress, Blogger, Moodle, dan lain sebagainya. Sebagai contoh tulisan yang Anda sedang baca ini merupakan hasil karya yang dibuat di atas mesin CMS WordPress.

Biasanya CMS hanya menyediakan fitur-fitur untuk menyajikan informasi ke pengguna sebatas dalam bentuk berita, pengumuman, tutorial, e-commerce platform(standar), dan lain sebagainya. Namun ada juga yang memberikan fitur yang lebih complex seperti Moodle, yaitu sebuah platform e-learning yang berbasis modular OOP yang memungkinkan kita menambahkan fungsi kustom pada platform tersebut.

Namun banyak kasus-kasus yang tidak memungkinkan untuk kita hanya mengandalkan CMS. Dengan spesifikasi fitur yang ditawarkan oleh CMS yang terbatas, kita perlu melakukan development sistem aplikasi yang bersifat kustom. Sehingga, kita perlu merancang aplikasi atau sistem informasi sesuai requirement yang diminta.

Dalam Serial Tutorial Belajar Pemrograman Web ini, penulis berusaha untuk secara pragmatis memberikan pemahaman tentang perancangan sebuah aplikasi berbasis Web Dinamis. Namun kita akan berfokus pada perancangan dengan stack(yang relatif jadul, tapi mature):

  • Apache: Web Server
  • PHP: Hypertext Preprocessor(Back End)
  • MariaDB: Database
  • HTML + JS: Front End

Sebenarnya ini bukan satu-satunya stack yang bisa kita pakai, contoh lain kita bisa pakai MERN(MongoDB, ExpressJS, React, NodeJS). But, ini ngga akan jadi masalah besar karena yang terpenting kita paham secara komprehensif dengan konsep Web Development di sini, untuk bahasa pemrograman bisa kita pelajari.

Semoga dari seri tutorial ini pembaca bisa mengambil ilmu yang ada di dalamnya. Dengan segala kekurangannya, penulis berharap tutorial ini memberikan sedikit pengetahuan kepada pembaca yang masih awam sekalipun. Kita akan lanjut ke step selanjutnya mengenai Learning Path yang akan kita tempuh selama seri tutorial ini.

Salam… Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *