Skip to content
Home » Blog » Web Development – Learning Path

Web Development – Learning Path

Menyelami setiap proses yang telah menjadi kegemaran atau hobi kita memang menyenangkan. Namun hal ini juga bisa menjadi boomerang untuk kita sendiri, tanpa disadari kita melupakan aspek-aspek mendasar yang seharusnya kita sebagai programmer tahu tentang hal tersebut.

Image by vectorjuice on Freepik

Perkembangan World Wide Web di dunia telah menjadi primadona bagi seluruh kalangan untuk menggali seluruh informasi yang kita perlukan sampai di belahan dunia manapun. Pada poin ini kita perlu belajar mengenai bagaimana suatu konten web bisa sampai tampil pada browser kita.

Dalam seri ini kita mungkin hanya akan fokus ke poin-poin teknikal mengenai bagaimana suatu aplikasi berbasis web dibuat. Namun di sini penulis memberikan referensi agar pemahaman mengenai hal-hal yang ada di seputaran web dan web development bisa dipahami sebagai bagian penting dari jurney ini.

Salah satu referensi terbaik yang berhasil penulis himpun yaitu dari website roadmap.sh. Website roadmap.sh menyajikan roadmap yang mungkin bisa menjadi acuan bagi developer menuju goal yang diinginkan. Website tersebut juga bersifat gratis dan open source, karena dikelola oleh komunitas, sehingga kita bisa dengan lega untuk menggunakan platform tersebut.

Untuk seri belajar ini, ada beberapa roadmap yang mungkin bisa menjadi referensi, diantaranya:

Dari roadmap tersebut, dalam tutorial ini kita akan berfokus hanya pada bagian teknikal seperti pada front-end:

Objective untuk Front-end

Sedangkan untuk bagian backend kita akan berfokus ke bagian dasar terlebih dahulu untuk pemahaman pengolahan data dan database data transaction.

Untuk timeline tutorial, kurang lebih akan mengacu pada tabel berikut:

Jadi, tutorial ini akan dimulai dengan mempelajari pengembangan web statis, kemudian dilanjutkan dengan pengembangan web dinamis. Sampai di sini saja untuk penjelasan mengenai Web Development – Learning Path, jangan lupa untuk selalu berusaha memahami aspek-aspek yang menjadi objective utama kita sehingga menjadikan kita sebagai programmer yang memang memiliki pemahaman yang komprehensif di bidang yang kita dalami.

Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *